Jumat, 21 Oktober 2016

PENGERTIAN SHOLAT KHUSUK

Sholat merupakan ibadah yang diwajibkan Allah bagi umat Islam. Sholat minimal dilakukan 5 kali sehari semalam. Sholat yang dilakukan dengan benar dan khusuk memberikan efek positip bagi jasmani dan rohani seseorang. Sebaliknya sholat yang dilakukan tidak dengan tepat dan benar, tidak akan memberikan efek yang berarti bagi jasmani maupun rohani yang bersangkutan.
Manfaat sholat dapat dirasakan didalam sholat maupun setelah selesai sholat, antara lain:
* Gerakan sholat yang benar akan memperbaiki aliran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh.
* Bernapas dalam dan teratur didalam sholat akan meningkatkan kadar oxigen didalam darah
* Gerakan rukuk, sujud dan berdiri yang dilakukan dengan tenang dan perlahan , memberikan suasana relaks pada tubuh
* Doa yang dibaca didalam sholat akan memberikan dampak positip bagi kesehatan dan kebugaran tubuh (Do,a al Fatihah dan duduk iftirash)
* Dalam jangka panjang tubuh menjadi sehat, kuat dan memiliki daya tahan tinggi terhadap serangan berbagai penyakit medis dan non medis.
* Doa yang dibaca dalam sholat memberi efek positip bagi jalan hidup antara lain dimudahkan semua urusannya, dijauhkan dari berbagai kesialan dan kemalangan, dicukupkan semua hajat dan kebutuhannya, dilindungi dari berbagai bahaya , fitnah dan kejahatan mahluknya yang terlihat maupun tidak terlihat.
* Dampak positip pada rohani antara lain memiliki daya tahan tinggi terhadap berbagai musibah, bencana dan kesulitan yang datang menghadang.
* Memiliki sifat optimis dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi berbagai hal
* Bebas dari perasan tertekan dan stres yang berkepanjangan
Semua hal diatas adalah efek yang langsung bisa dirasakan dalam kehidupan sehari hari. Orang yang lalai dan tidak khusuk sholatnya tidak akan merasakan efek seperti tersebut diatas.
Khusuk bukan berarti "tidak peduli dengan lingkungan", akan tetapi Khusuk adalah Konsentrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar